Permukaan Meja Laboratorium Bahan Phenolic?

Top Table atau permukaan meja pada meja laboratorium sangat penting, karena menjadi area kerja yang akan terkena dampak bahan kimia (asam dan basa kuta), panas, dan kontaminasi bakteri. Begitu pentingnya sehingga dibutuhkan material yang tidak sembarangan dan diharapkan memenuhi ketahananan bahan kimia yang dering digunakan, titik lebur tinggi, dan tidak mempunyai pori-pori. Dari beberapa hal ketentuan diatas, maka kami selalu menawarkan beberapa material untuk permukaan meja laboratorium antara lain : phenolic resin, epoxy resin, dan stainless steel sus 316(dengan ketentuan khusus). Namun sayang sekali ternyata costumer banyak tidak paham hal ini, dan tentu saja tanpa sadar akhirnya ditipu? Karena penjual yang tidak jujur (atau sebenarnya tidak mengerti) mengenai barang yang dijual, membuat costumer tidak bisa mendapatkan barang sesuai apa yang diinginkan. 


Sebagai contoh bisa dilihat di foto di bawah ini, saat saya mencari contoh meja laboratorium oleh kompetitor kami.
meja lab
Gambar 1 : Contoh Meja Laboratorium dari kompetitor
Gambar 2 : Meja Laboratorium Kompetitor
Apa yang salah?
Perhatikan gambar 1 dan gambar 2 menyajikan informasi bahwa produk tersebut adalah meja laboratorium dengan top table bahan phenolic resin. Tentu saja ini penipuan. Bahan tersebut adalah epoxy glass. Contoh terdekat dari bahan begitu adalah PCB (papan sirkuit).

Apakah menggunakan epoxy glass tidak boleh pada meja laboratorium?
Epoxy glass mempunyai karakteristik, tahan panas, isolator yang baik, tahan bahan kimia, tentu saja menjadi kandidat alternative bahan yang bagus sebagai top table meja laboratorium. Hanya saja memiliki kekurangan, permukaan mudah tergores. Ini tidak bagus, karena berarti ada pori-pori. Lagi pula, apakah anda mau. diberi epoxy glass tanpa diberitahu sejujurnya bahwa itu adalah epoxy glass?


Pilihan ada ditangan anda. 
Furniture Laboratorium itu ya harus mempunyai karakteristik yang aman no.1, selanjutnya mengikuti aspek keindahan dan kemudahan. Tapi semisal anda mempunya laboratorium yang cukup dikenal, kemudian anda punya kolega datang melihat/meninjau, apa enggak bingung menjelaskannya. Barangkali hanya ada di indonesia, meja laboratorium dengan bahan epoxy glass....