Monday, July 11, 2022

Pengertian Laminar Air Flow Cabinet dan Cara Kerja

Laminar Air flow atau Laminar flow cabinet adalah peralatan rekayasa aliran udara yang bertujuan untuk mencegah kontaminasi pada sampel laboratorium. Sampel laboratorium di laminar air flow / kabinet laminar flow  bisa berupa komponen semikonduktor, sampel biologi, dan material sensitif lainnya. Harap dicatat Laminar air flow berbeda dengan biosafety cabinet dan bahkan lemari asam, meski "kelihatan" sama-sama mengatur saluran udara


 Kenapa harus memakai laminar air flow / Kabinet Laminar Flow
jual laminar flow cabinet
HEPA Filter Laminar Air Flow
Laminar air flow menjamin bahwa udara di dalam chamber / kamar sampel merupakan udara yang telah melalui proses penyaringan / filtrasi dengan polyester dan HEPA Filter.
Udara yang berada di area sampel bebas dari debu dan kontaminasi lainnya.






Bagaimana Laminar Air Flow bekerja ?
Proses kerja laminar air flow / kabinet laminar flow ditunjukkan dengan aliran udara dengan kecepatan yang yang telah ditentukan antara 0,35 m/s sampai dengan 0,5 m/s. Aliran udara ini terjadi karena udara dihisap oleh blower. Sebelum masuk ke blower, udara akan disaring terlebih dahulu dengan filtrasi bahan polyester. Blower kemudian menghembuskan udara ke area chamber / kamar - lokasi sampel ditempatkan. Antara blower dan chamber, udara ditapis dengan Hepa Filter dengan 

Jenis Laminar Air Flow
Secara umum laminar air flow terdiri dari 2 jenis yang dibedakan berdasarkan dengan aliran udara yang masuk ke area bersih (chamber)  :
1. Laminar Air flow Horizontal
2. Laminar Air flow Vertikal


Laminar Air Flow Horizontal
Laminar air flow horizontal  pun terbagi 2 yaitu laminar air flow dengan pre filter di bawah meja kerja daan pre -filter di atas meja kerja. Aliran udara laminar air flow horizontal bisa dilihat di gambar ilustrasi di bawah ini :

Laminar Air Flow lokal
Laminar Air Flow Horizontal

Laminar Air Flow Vertikal

produsen laminar air flow
Laminar Air Flow Vertikal



Admin